Entri Populer

Selasa, 19 Desember 2017

Refleksi Pada Pendidikan Pancasila

Selama satu semester banyak sekali pengetahuan yang saya dapat dari mata kuliah ini. Dengan dosen pengampu Bapak Abdul Rohman, saya diperkenalkan lebih jauh tentang makna Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Pak Abdul mengajar dengan cara yang berbeda dari dosen yang lain. Beliau mengajar dengan cara yang tidak membosankan, dengan beberapa pertanyaan pertanyaan interaktif antara mahasiswa dan dosen.

Pada pertemuan pertama, materinya yaitu perkenalan singkat tentang materi yang akan kita pelajari selama satu semester. Terdapat 7 materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini yaitu mengenai urgensi pendidikan Pancasila, sejarah perumusan Pancasila, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai ideologi negara, sebagai filsafat, sebagai system etika, dan Pancasila sebagai Pengembangan Ilmu. Dari semua materi itu saya mengetahui bahwa Pancasila penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Karena Pancasila merupakan pondasi Negara Indonesia. Layaknya sebuah rumah, jika tidak ada pondasi maka rumah itu akan rubuh. Begitu pula Negara ini, jika tidak memiliki pondasi maka akan runtuh kesatuan rakyatnya.

Dari beberapa materi yang diberikan, saya menyukai materi Filsafat Pancasila. Karena dari materi itu saya menjadi tahu bahwa Pancasila bukan hanya sebuah coretan tinta di atas kerta saja, melainkan sebuah ilmu ya g dapat dipelajari. Semua yang dilakukan dalam kehidupan bernegara memiliki keterkaitan terhadap filsafat karena memiliki :
1) Ontologi
2) Epistemologi
3) Aksiologi

Saya berterima kasih kepada Bapak yang telah sabar dalam mengajar kami selama satu semester. Dan saya juga meminta maaf karena beberapa pertemuan tidak dapat hadir karena sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar